Proposal Hidup #Tamat

Proposal Hidup (Tamat) | Jamil Azzaini.

Saya berharap Anda sudah menuliskan langkah ke satu, kedua dan ketiga (baca: Proposal Hidup 123). Sesungguhnya bangunan yang besar itu tersusun dari bahan-bahan yang kecil dan saling menguatkan. Impian besar Anda tak mungkin terwujud bila Anda mengabaikan hal-hal kecil dalam hidup Anda. Hal-hal kecil itu bisa dilakuan mulai sekarang.

Agar mimpi Anda kelak memiliki pondasi yang kokoh maka langkah keempat dalam membuat Proposal Hidup adalah: Sempurnakan Hidup Anda mulai sekarang.  Apa yang perlu disempurnakan? Pikiran dan hati Anda yang tercermin dalam sikap dan perilaku.

Untuk melakukannya, Anda perlu membuat 4 kolom:

  • Kolom pertama, tuliskan sikap dan perilaku negatif yang akan Anda buang.
  • Kolom kedua, tuliskan sikap dan perilaku yang akan Anda kurangi.
  • Kolom ketiga, tuliskan Sikap dan perilaku yang akan Anda tingkatkan.
  • Kolom keempat, tuliskan sikap dan perilaku positif baru yang akan Anda lakukan.

Apabila Anda bingung mengisi kolom tersebut, tanyakan kepada orang-orang terdekat Anda. Mintalah mereka memberi masukan tentang diri Anda sesuai dengan kolom yang sudah Anda buat.

Langkah kesatu sampai keempat itu tentang diri Anda. Impian besar Anda akan semakin cepat tercapai bila Anda mendapat dukungan dari lingkungan Anda. Maka langkah kelima dalam membuat Proposal Hidup adalah: Sempurnakan Lingkungan Anda.

Anda ingin menjadi pengusaha? Masuklah dalam komunitas pengusaha. Misalnya Komunitas Tangan Di Atas (TDA). Anda ingin menjadi “bintang” bergaulah dengan orang yang bermental bintang.  Anda ingin jadi trainer? Anda bisa join dengan Indonesia Inspiring Movement (I2Move).

Tuliskanlah kelima langkah tersebut. Renungkan.  Baca lagi dan sempurnakanlah. Bila sudah yakin, sampaikanlah kepada orang-orang yang Anda percaya. Setelah Anda mendapat feed back dari mereka, sempurnakanlah kembali Proposal Hidup itu. Sudah Yakin? Bila sudah, berdoalah setiap saat agar Proposal Hidup Anda mewujud.

Ayo buat dan realisasikan Proposal Hidup Anda. Bila tidak, hidup Anda sebenarnya sedang menjalankan Proposal Hidup orang lain.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Advertisements

One thought on “Proposal Hidup #Tamat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s