BEBERAPA ERICSONIAN PATTERN LANGUANGE

Hindari kata JANGAN/TIDAK BOLEH & kata-kata negasi lainnya tanpa disertai alternatif pilihan. (Bukti : JANGAN bayangkan gajah berwarna pink yg bisa terbang! nyatanya justru anda membayangkan).

Hindari kata SEJUJURNYA, JUJUR SAJA, TERUS TERANG SAJA, SEBENARNYA. Karena secara otomatis pikiran bawah sadar kita ketika menerjemahkan: Berarti kamu selama ini Belum pernah berkata YANG SEBENARNYA, berarti anda baru kali ini berkata JUJUR/TERUS TERANG.

Hindari kata : MENURUT SAYA, KATA SAYA, MENURUT HEMAT SAYA.
Kesan dari kata-kata tersebut menunjukan tingkat Ego yang tinggi dr seseorang (menunjukan kesombongan). Ganti dengan : ALANGKAH BAIKNYA, ALANGKAH LEBIH BAIKNYA, ALANGKAH BAGUSNYA, PADA DASARNYA. Contoh : MENURUT SAYA, yang harus anda lakukan saat ini supaya lebih sabar, lebih rileks, dan lebih santai. (Kesan memaksa, egois, & sombong). Kalimat yang sesuai : ALANGKAH BAIKNYA, saat ini yang mampu diri anda lakukan adalah supaya lebih sabar, lebih relaks, dan lebih santai.

Hindari kata : NGERTI NGGAK?, SETUJU GAK?, YA GAK?
kata kata tersebut diatas akan mendelet kalimat positif sebelumnya. Contoh: “Menabung itu perbuatan baik buatmu nak supaya kamu bisa beli kebutuhan mu saat diperlukan. NGERTI NGGAK?. (Pada dasarnya kalimat sbelumnya sudah diserap pikiran anak tersebut, namun ketika ada TAG QUOTIENT tsb kalimat pertama itu hilang dengan seketika)
Gunakan selalu ilusi pilihan (Gaya ericsonian Hypnotherapy).

Contoh kalimat sugesti biasa: Nak kamu mau makan gak sekarang ? ah gak bu nanti aja”. (ketika orang ditawarkan ya atau tidak, maka orang akan cenderung berkata tidak jika hal itu membosankan atau kurang disukai).
Jika pake ilusi pilihan: Nak, kamu mau makan sama tempe makanan kesukaan kamu atau kangkung sayuran favorit kamu? (ia akan memilih salah satu diantara ilusi pilihan itu, mungkin tahu, mungkin kangkung, yang pasti ANAK ITU MAKAN).

Sumber: http://www.facebook.com/home.php?sk=group_142990432417360&ap=1

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s