Pelangi

Maret 2009…. April 2009…. Mei 2009…. Juni 2009…. Juli 2009…. Agustus 2009…. September 2009…. Oktober 2009…. November 2009…. Desember 2009…. Januari 2010…. Februari 2010…. Maret 2010…. April 2010…. Mei 2010…. Juni 2010…. Juli 2010…. Agustus 2010…. September 2010…. Oktober 2010…. November 2010…. Wow, ternyata hampir 2 tahun skripsi saya berproses. Dari persiapan hingga sekarang. Bagaimana sekarang? sudah selesaikah? Ternyata belum. 21 bulan alias 1 tahun 9 bulan…. Hm….

Seringkali saya bertanya, barangkali teman-teman saya juga. Ada apa gerangan dengan saya. Padahal pada masa-masa persiapan, saya termasuk mahasiswi yang saat itu sudah gencar mengerjakan proposal penelitian saya. Ketika teman-teman saat itu masih banyak yang belum ‘bergerak’, saya sudah ‘bergerak’. Saya pun dapat menyicipi seminar perdana. Tapi sekarang kelihatannya paling buncit jika dibandingkan dengan teman-teman seangkatan saya tadi.

Sebenarnya ada cukup banyak hal, kenapa saya bisa terlambat seperti ini. Tapi, tidak akan saya jelaskan disini, khawatir nanti ujung-ujungnya malah menyalahkan orang lain atau menyalahkan diri saya sendiri. Beranjak dari berbagai permasalahan yang saya alami inilah kemudian saya merasa saya mengidap gangguan stres. Saya lebih sering bermenung, susah tidur, tidak bersemangat dan berat badan semakin menurun.

Dengan segala permasalahan di atas yang saya anggap sebagai ujian dari-Nya, membuat saya tidak ingin tinggal diam saja. Adanya ujian-ujian itu menyeret langkah saya menuju sebuah workshop (sebelumnya sudah ada beberapa usaha, namun belum berhasil). Lebih tepatnya internal motivation workshop. Tujuan saya mengikuti workshop tersebut adalah karena saya merasa ‘lelah’. Selain itu juga dikarenakan kata-kata motivasi apapun tak lagi berpengaruh pada diri saya. Dan ternyata terbukti. Ketika fasilitator menanyakan berapa persen keyakinan saya akan terwujudnya mimpi saya, dengan mantap saya menjawab 90%.

Namun apa yang terjadi? Pernyataan saya langsung diuji. Saya dan beberapa teman workshop disuruh mematahkan 2 buah pensil dengan jari kelingking. Pensil? Dengan jari kelingking? Yup, mematahkan 2 buah pensil dengan jari kelingking. Dua orang teman saya berhasil dengan sukses mematahkannya. Namun saya? Tidak. Saya tidak mampu mematahkannya. Yang ada hanya rasa sakit menjalar di kelingking saya.

Fasilitator lain mencoba men-sugesti saya kembali. Apa yang terjadi? Mata saya yang tertutup bergerak dengan cepat dan tidak berapa lama air mata saya mengalir deras. Hingga pada akhirnya saya mampu mematahkannya. Tapi hanya 1 pensil, hanya 1 pensil. Ya Allah, hanya sebesar inikah keyakinan saya akan mimpi-mimpi saya? Astaghfirullah….

Tapi tahukah? Ternyata ujian-ujian yang saya alami ini tidak hanya sekedar ujian. Tapi adalah seumpama rangkaian puzzle yang ketika semua ujian telah berkumpul, saya baru mampu melihat gambar apa yang terdapat pada rangkaian puzzle itu. Jika seandainya saya tidak dipercaya memperoleh ujian-ujian itu, badai dan hujan itu, barangkali saya tidak akan melihat pelangi.

Sekiranya apa pelangi itu? Allah menuntun langkah saya untuk melihat sebuah poster di facebook. Poster internal motivation workshop itu. Kemudian saya mengenal salah satu fasilitator yang karenanya saya menemukan beberapa workshop yang lain. Workshop itu pun saya ikuti. Alhamdulillah ada ilmu yang sangat bermanfaat dan bisa langsung saya praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga saya bisa me-manage gangguan stres yang saya alami. Dari workshop yang terakhir ini juga saya ditawari untuk bergabung menjadi hypnoterapis. Meski masih ada proses yang harus saya tempuh terlebih dahulu. Seandainya tak ada hujan dan badai, barangkali saya tidak akan begitu kenal dengan ilmu itu, termasuk NLP dan juga pada tawaran itu.

Kesimpulannya terlalu dini ya? Hehe…. Tapi ada ghirah dalam diri saya, dan insyaallah saya akan bersungguh-sungguh menujunya. Semoga ini yang terbaik. Bismillah….

Leave a Reply

