Uni Maimon dalam Kaca Mataku (Kurang dari 24 Jam)

Alangkah senangnya hati ini bisa berbincang-bincang dengan beliau. Ia adalah Muthmainnah alias Uni Maimon Herawati. Pertama kali mendengar nama beliau bukan dari karyanya. Tapi dari salah satu temanku Resma Safitri. Waktu itu hanya sepintas lalu, karena temanku itu baru menyadari kalau aku salah satu anggota FLP. Setelah surfing sekian lama di facebook, akhirnya bertemulah aku pada sosoknya. Sosok yang disebutkan oleh temanku itu.

Aku cukup penasaran. Cerita dari temanku membuatku semakin bertanya-tanya tentang sosoknya. Hey-hey siapa diaaa? Ipit, panggilan temanku itu bercerita kalau Uni Maimon orangnya sangat gigih. Hal yang paling diingat Ipit adalah saat Uni belajar Bahasa Inggris. Mulut beliau sering komat-kamit.

“Suatu hari saat pulang sekolah Uni menelusuri jalan sambil tekun belajar Bahasa Inggris. Saking tekunnya Uni tidak menyadari kalau ada jembatan yang bolong. Akhirnya Uni jatuh terperosok, dan orang-orang segera datang membantu Uni untuk segera naik ke atas.” Aku sempat tertawa sejenak dan kemudian berdecak kagum mendengar kisah itu. Tapi jika dalam hitungan persen, bolehlah 5 % atas kelucuannya dan 95 % atas ketekunanya.

Beberapa bulan yang lalu aku dipertemukan dengan beliau dalam suatu event FLP SUMBAR. Belum usai decak kagumku pada beliau, kisah-kisah baru yang meluncur dari bibirnya membuatku tak henti-hentinya berucap Subhanallah..  Tentang kartu pustaka yang tak cukup satu, tentang mesin tik yang huruf A-nya meloncat, sekilas kisahnya di Inggris benar-benar membuatku geleng-geleng kepala. Hm.. Tapi kupikir tidak hanya Aku, tapi juga semua orang yang hadir pada acara itu kagum padanya.

Pada tanggal 1 Mei 2010, Uni datang pada acara MUSWIL V FLP SUMBAR. Alhamdullilah Allah mengijinkanku untuk berbincang-bincang dengan beliau saat jam istirahat. Aku ingin memperkenalkan diri, tapi aku malu dengan ‘biasanya aku’, ‘bukan siapa-siapanya aku’, akhirnya aku memutuskan biarlah semua mengalir apa adanya.

Sesampainya di kosan salah satu teman IAIN, cerita mengalir tentang A, B dan C. Mungkin Uni bisa menebak siapa aku dari beberapa kali ada loncatan suara dari mulut temanku Id dan Siska. Menyebut namaku ‘Shona’.

“Ini Shona Vit?”

“Hehe.. Iya Uni.”

“Yang aktif di fb?”

“Iya ni, eksis. He..”

“Jangan terlalu sering fb-an, karena dari cerita beberapa teman penulis, fb bisa mematikan kreativitas lho”

“Eh iya Uni?” Tapi dibandingkan dulu, akhir-akhir ini aku jarang nge-fb kok Uni, mungkin udah bosan juga. Ucapku dalam hati.

Merasa perut mulai krunyuk-krunyuk dan waktu istirahat semakin menciut, akhirnya kami memutuskan untuk makan. Meski begitu, cerita kami tetap mengalir. Aku, Siska dan Id bertanya bergantian. Hingga aku menemukan sebuah informasi yang membuatku mengubah impian (tidak untuk diceritakan, he..). Jazakillah Uni..

Selesai menyantap makan siang, Aku dan Siska pamit duluan karena Siska saat itu menjadi Presidium III. Saat MUSWIL berakhir, kami berfoto-foto ria. Hm.. senangnya.. Karena sewaktu pertemuan pertama kami tak sempat berfoto, agenda beliau saat itu banyak sekali.

Lagi-lagi Aku cukup kaget saat Uni menyodorkan diri untuk mengambil alih kamera untuk memotret kami. Eh, yang seleb siapa nih? tanyaku dalam hati. Biasanya dan harusnya Uni selalu berada diantara kami, karena si Uni selebnya. Aku belum pernah melihat yang beginian. Tapi itulah Uni…

Oh iya, ada satu hal yang sebenarnya ingin sekali ku tanyakan pada Uni. Kenapa di facebook, Uni tidak menggunakan nama pena Uni seperti halnya penulis lain? Apa karena itu Un? Yang Uni pesankan pada kami, bahwa penulis sangat dekat dengan ujub?

Hm… Tak cukup 24 jam, banyak hal yang bisa ku ambil darimu Uni…  Jazakillah khairan Un…

Leave a Reply

