Kan ku tulis di atas kertas hijau, nanti..

Bila kita berpikir menang… kita tak mudah kalah atau menyerah. Karena pikiran menemukan gurun bagi pengembara, memanen buah bagi petani, menemukan obat bagi pasien, meraih kemenangan bagi pejuang, akan menghasilkan energi kerja yang sangat dahsyat. Energi itulah yang membuat kita kuat untuk menghalau rintangan, melawan tekanan, menolak godaan, menepis rayuan, memikul beratnya beban dan menikmati kelelahan. Energi kemenangan membuat kuat dan dahsyat.

Mengapa anda berhenti? Ayo bangkit kembali, raih prestasi yang tinggal sesaat lagi. Ingat pesan Nabi, “Jika kiamat datang dan di tangan kalian terdapat bibit kurma, jika masih sempat menanamnya sebelum kiamat tiba, maka tanamlah bibit kurma itu” (H. R. Bukhari & Ahmad)

Merasa tak mampu? Tinggalkan kecamuk pikiran yang menghantuimu. Sebab orang yang melangkah dengan rasa takut, sebenarnya tidak melangkah. Karenanya, lebih baik berbuat salah karena melangkah daripada tidak pernah salah karena tidak pernah melangkah dan tak pernah berbuat apa-apa.

Merasa tak bisa? Berbekallah, karena sebaik-baik bekal adalah taqwa. Bertaqwalah karena Allah akan mengajarimu. Bertaqwalah, karena Allah akan memberikan jalan keluar, memberi rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Bertaqwalah, yakinkan diri, aku yakin aku bisa, aku mampu luar biasa.

Merasa lelah?
Ingat nikmatnya surga dan bahagianya yang lebih jauh dan lebih tinggi daripada puncak Himalaya. Ingatlah, Imam Nawawi tidak pernah tidur kecuali dalam keadaan darurat. Jabir bin Abdullah tak merasa lelah berjalan sebulan penuh dari Madinah ke Mesir untuk mendapatkan satu buah hadist.

Mau putus asa? Siapa yang akan meneruskan langkah Anda, jika para perintisnya gampang menyerah, kalah dan putus asa. Umar berkata, “Kalau aku tidur siang hari, berarti aku menyia-nyiakan rakyatku. Kalau aku tidur di malam hari berarti aku menyia-nyiakan diriku.”

Mau mundur? Siapa yang menjamin Anda bakal panjang umur? Lebih baik berkarya mengisi umur agar menjadi pribadi luhur.


(Solikhin Abu Izzuddin)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s