Cahaya Keraguan

Friday, February 27, 2009 at 3:19pm

Hari ini mendung. Angin bertiup kencang. Di atas tranex dr Bukittinggi menuju Padang, saya menulis ini.
Dosen saya ibuk Yoliv dan ibuk Farah sudah meng_acc judul penelitian saya yang berjudul “tulang rusuk yang menjadi tulang punggung”. Menarik, itu kata mereka. Tinggal satu dosen lagi, yaitu ibuk Nurmina. Beliau mengingatkan saya akan 2 hal yang menjadi syarat dalam penelitian kualitatif. Yang pertama, depth interview. Yang kedua, ada penelitian sebelumnya. Lagi dan lagi hal itu membuat saya ragu pada diri saya sendiri. Sebenarnya sebelum buk yoliv dan buk farah memberikan komentarx, saya meminta pd buk Yoliv agar pengajuan judul saya dipending dulul. Karena saya tidak yakin dengan judul tersebut..
Apalagi hari2 sblmx, ketika teman_teman menanyakan apa judul penelitian saya, saya menangkap ada cahaya keraguan disana. Cahaya? Kenapa kata keraguan disertai cahaya?? Ya, karena dulu saya sempat menjadikan keraguan sebagai cahaya dalam hidup saya. Kenapa? Ya, dengan adanya keraguan saya menjadi lebih optimis. Optimis untuk membuktikan bahwa saya insyaallah bisa!!! Keraguan menjadikan saya lebih peka terhadap kelalaian sekecil apapun dan saya tau bhw keraguan itu akan membuahkan hasil yg lbh manis. Tapi, kenapa sekarang cahaya itu meredup??? Keimanan!
Ya mgkn itu sebabx.Keimanan yg terdpt dlm hati stiap manusia. Hati yg senantiasa bolak_balik. Seharusx tdk saya biarkan futur itu berlangsung lama bak rayap yg tlh menggerogoti hati saya.
Sekarang saatnya memuhasabah diri,meluruskan niat hanya karena_Nya, dan lebih memperbanyak ibadah. Tentunya tidak lupa untuk berikhtiar; mencari referensi yg mendukung,dan memahami lebih jauh hal_hal yg berkaitan dg penelitian ini. Kuatkan hamba Ya Rob..agar hamba percaya pd diri hamba tuk mengajukan jdl ini kembali. Mohon mudahkan, lancarkan, dan sempurnakan ikhtiar hamba.. Amin…
Semoga mendung berarak menjauh dan angin kembali menyejukkan. Allahuakbar!!!

Leave a Reply

